Tuesday, October 7, 2008

Dasar Visualisasi Kreatif

Oleh : Shakti Gawain (MP 18)

Apa itu Visualisasi Kreatif?

Visualisasi Kreatif adalah teknik menggunakan imajinasi anda untuk menciptakan apa yang anda inginkan. Di sini tidak ada yang baru, aneh ataupun yang luar biasa. Anda sudah menggunakannya setiap hari, bahkan pada kenyataannya setiap menit. Ini adalah kekuatan imajinasi anda yang alami, energi kreatif mendasar alam semesta, yang terus menerus anda gunakan baik anda sadari maupun tidak.

Dahulu, kebanyakan dari kita secara tidak sadar telah menggunakan kekuatan visualisasi kreatif secara salah, karena konsep negatif terhadap kehidupan yang begitu dalam mengakar, kita secara otomatis dan tanpa sadar mengharapkan dan membayangkan kekurangan, keterbatasan, kesulitan dan masalah sebagai bagian dari kehidupan kita, dan pada tingkat tertentu itulah yang kita ciptakan untuk diri kita sendiri.

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara menggunakan imajinasi kreatif anda dengan cara yang semakin sadar, sebagai teknik untuk menciptakan apa yang benar-benar anda inginkan; pemenuhan, kesenangan, hubungan yang memuaskan, keberhasilan, ekspresi diri, kesehatan, kecantikan, kemakmuran, kedamaian hati dan keharmonisan, apapun yang anda inginkan. Penggunaan visualisasi kreatif memberi kita kunci agar dapat masuk ke dalam kesejahteraan dan karunia alami.

Imajinasi adalah kemampuan untuk menciptakan gagasan, gambaran mental atau merasakan perasaan tertentu. Dalam visualisasi kreatif anda menggunakan imajinasi untuk membuat gambaran, perasaan atau gagasan yang jernih dari sesuatu yang ingin anda wujudkan, kemudian anda terus memfokuskan diri pada gagasan dan perasaan itu atau dengan membayangkannya terus, anda memberinya energi positif sampai akhirnya menjadi kenyataan..., dengan kata lain, sampai anda benar-benar mencapai apa yang anda bayangkan.

Apa yang anda inginkan dapat saja dalam jenjang apapun; fisik, emosi, mental atau spiritual. Anda bisa saja membayangkan diri anda bersama rumah baru, dengan pekerjaan baru, dengan keluarga yang bahagia atau merasakan kedamaian dan tenteram, atau mungkin dengan ingatan dan kemampuan belajar yang lebih baik atau bahkan bisa saja membayangkan diri anda sedang menangani situasi sulit dengan sangat mudah atau sekedar melihat diri anda sendiri sebagai makhluk yang cemerlang, penuh dengan cahaya dan cinta, anda bisa melakukannya dalam semua tingkat dan semuanya bisa berhasil .... melalui pengalaman, anda akan menemukan gambaran dan teknik tertentu yang paling cocok bagi diri anda.

Boleh dikata, sebagai contoh, anda tidak puas dengan situasi kerja saat ini, bila anda merasa bahwa secara mendasar pekerjaan anda sudah cocok bagi anda, tetapi ada hal yang perlu ditingkatkan, anda bisa mulai membayangkan peningkatan yang anda inginkan, kalau tidak berhasil, atau kalau anda lebih suka pekerjaan yang baru, maka teruslah memfokuskan diri dan membayangkan anda berada dalam lingkungan kerja yang anda inginkan.

Cara yang manapun, pada dasarnya tekniknya sama saja, setelah relaks dalam tingkat daya pikir yang meditatif, dalam dan hening, bayangkan anda sedang bekerja dalam suasana kerja yang ideal. Bayangkan diri anda dalam suasana atau lingkungan yang anda inginkan, melakukan pekerjaan yang anda sukai dan merasa puas, berinteraksi dengan orang-orang secara harmonis, menerima penghargaan dan pendapatan yang memuaskan. Tambahkan detil lain yang penting bagi anda, seperti misalnya jam kerja, kebebasan dan/atau tanggjung jawab yang anda kehendaki dan seterusnya. Coba peroleh perasaan yang memungkinkan dalam diri anda, alami itu seolah-olah itu sudah tmenjadi kenyataan, singkatnya bayangkan itu tepat seperti yang anda kehendaki, seolah-olah sudah terjadi.

Ulang latihan sederhana dan pendek ini sesering mungkin, bisa dua kali dalam sehari, atau kapan saja hal itu terpikir oleh anda, bila hasrat dan niat anda untuk membuat perubahan jelas, perubahan akan berlangsung baik, sehingga anda menemukan sejenis perubahan dalam pekerjaan anda, sebentar lagi.

Perlu dicatat di sini bahwa teknik ini tidak dapat digunakan untuk mengontrol perilaku orang lain atau menyebabkan mereka melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kehendaknya. Pengaruhnya adalah untuk melenyapkan penghalang dalam diri kita terhadap keselarasan alami dan penyadaran diri, membiarkan semua orang mewujudkan keinginannya dalam aspeknya yang paling positif.

Dalam menggunakan visualisasi kreatif ini seseorang tidak harus mempercayai gagasan metafisik ataupun spiritual tertentu, walaupun anda harus bersedia menggunakan konsep tertentu agar semua itu dimungkinkan.

Satu-satunya hal yang diperlukan adalah bahwa anda harus mempunyai keinginan untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman anda, dan akal budi yang cukup terbuka untuk mencoba hal-hal baru dalam semangat yang positif. Pelajari prinsip-prinsipnya, cobalah tekniknya dengan sikap pikir dan hati yang terbuka, baru kemudian menilai apakah itu bermanfaat bagi anda, bila ya, teruslah memanfaatkan dan mengembangkannya, dan perubahan dalam diri dan kehidupan anda mungkin akan segera melampaui apapun yang anda impikan.
Visualisasi kreatif merupakan keajaiban dalam arti yang paling benar dan tertinggi di dunia ini. Ini melibatkan pemahaman dan penyelarasan diri anda sendiri dengan prinsip-prinsip alami yang mengatur kegiatan alam semesta, dan belajar memanfaatkan prinsip-prinsip ini dengan cara yang paling sadar dan yang paling kreatif.

Kalau anda belum pernah melihat bunga yang sangat indah atau spektakulernya matahari terbenam sebelumnya, dan seseorang menggambarkannya kepada anda, anda akan menganggap itu sebagai keajaiban (dan memang benar demikian), sekali anda melihat itu sendiri, dan mulai mempelajari sesuatu yang tentang hukum alam yang terkait, anda akan mulai memahami bagaimana mereka terbentuk dan terkait, anda akan mulai memahami bagaimana mereka terbentuk dan kemudian itu akan nampak sebagai hal yang alami bagi anda dan tidak lagi merupakan sesuatu yang misterius.

Sama halnya dengan visualisasi kreatif, apa yang pada awalnya nampak menakjubkan atau tidak mungkin bagi pendidikan yang sangat terbatas yang diterima pikirian yang rasional, menjadi demikian masuk akal sekali setelah kita mempelajari dan mempraktekkan konsep-konsep di atas. Sekali anda sudah melakukannya, akan nampak seperti anda melakukan mukjizat dalam kehidupan anda selanjutnya.

Cara kerja Visualisasi Kreatif

Agar dapat memahami bagaimana cara kerja visualisasi kreatif, akan sangat bermanfaat kalau terlebih dahulu kita mencermati beberapa prinsip terkait:

Secara fisik, alam semesta adalah energi. Dunia ilmu pengetahuan mulai menemukan apa yang sudah diketahui oleh guru metafisika dan spiritual kita sejak berabad-abad yang lalu. Alam semesta kita secara jasmani tidak terdiri dari “zat” apapun, komponen dasarnya adalah sejenis daya atau intisari yang kita sebut dengan energi.

Segala sesuatu nampak solid dan saling terpisah di tingkat dimana indera jasmani kita biasanya merasakannya. Di tingkat yang lebih halus, bagaimanapun, seperti di tingkat atom dan sub atom, nampaknya benda padat dipandang sebagai partikel dalam partikel yang semakin lama semakin kecil, yang akhirnya berubah menjadi energi murni.

Secara jasmaniah, kita semua adalah energi, dan segala sesuatu di dalam dan di sekeliling kita juga terbuat dari energi. Kita semua merupakan bagian dari sebuah medan energi yang maha luas, benda-benda yang nampak oleh kita sebagai padat dan terpisah pada kenyataannya hanyalah merupakan berbagai bentuk energi mendasar kita yang sudah dikenal secara umum. Kita semua adalah satu, bahkan secara harafiah, berdasarkan indera jasmaniah.

Energi ini bergetar dalam tingkat kecepatan yang berbeda, dan karena itu mempunyai sifat yang berbeda, dari yang halus sampai yang kasar. Pikiran adalah energi yang sangat lembut dan ringan dan oleh sebab itu sangat cepat dan mudah berubah. Benda relatif padat, energi yang padat dan rapat, oleh sebab itu lebih lambat bergerak dan berubah. Dalam sebuah benda terdapat banyak sekali variasinya, daging yang hidup relatif lembut, cepat berubah dan mudah terpengaruhi oleh benda-benda lain; batu adalah benda yang lebih padat, lambat berubah dan lebih sulit dipengaruhi. Namun, bahkan batu kadang-kadang berubah dan dipengaruhi oleh energi air yang lembut dan ringan, semua bentuk energi saling berhubungan dan bisa saling mempengaruhi.

Daya tarik energi

Salah satu hukum energi adalah : sifat dan getaran energi tertentu cenderung menarik energi dengan sifat dan getaran yang sama.
Pikiran dan perasaan mempunyai energi magnetik (daya tarik)-nya sendiri yang menarik energi dengan sifat yang sejenis. Kita bisa melihat prinsip ini bekerja, misalnya: ketika kita “secara tidak sengaja” berjalan ke arah seseorang yang baru saja kita pikirkan, atau “begitu saja” mengambil buku yang tepat berisi informasi yang kita butuhkan saat itu.

Wujud mengikuti gagasan

Pikiran adalah energi yang cepat, ringan, dan mobil. Dan dapat terwujud dengan sangat cepat, tidak seperti bentuk yang lebih padat seperti benda tertentu.

Ketika kita menciptakan sesuatu, kita selalu terlebih dahulu menciptakan bentuk pikiran. Sebuah pikiran atau gagasan selalu mendahului perwujudan. “Saya pikir saya akan mempersiapkan makan malam”, adalah gagasan yang mendahului makan. “Saya ingin pakaian baru” mendahului tindakan pergi dan membelinya; “Saya butuh pekerjaan” mendahului pencarian pekerjaan, dan seterusnya.

Mula-mula seorang pelukis punya gagasan atau inspirasi, kemudian menciptakan lukisan. Seorang arsitek mula-mula mempunyai disain, kemudian membangun rumah.
Gagasan itu seperti “cetak biru”, dia menciptakan sebuah gambaran atau bentuk, yang kemudian menarik dan membimbing energi fisik mengalir ke dalam bentuk itu dan akhirnya mewujudkannya di tataran fisik.

Prinsip yang sama masih tetap berlaku walaupun kita tidak secara langsung melakukan tindakan fisik untuk mewujudkan gagasan kita. Hanya punya gagasan atau pikiran, mempertahankannya dalam daya pikir anda, sudah merupakan energi yang cenderung untuk menarik dan menciptakan bentuk di tataran material. Bila anda terus menerus berpikir tentang sakit, anda akhirnya akan menjadi demikian. Gagasan dan perasaan bawah sadar yang berlangsung dalam diri kita bekerja dengan cara yang sama.

Hukum Radiasi dan Daya Tarik

Ini adalah prinsip bahwa apapun yang anda letakkan dalam alam semesta akan dipantulkan kembali kepada anda. “Apa yang anda tanam, akan anda tuai,” apa artinya? Dari sudut pandang praktis berarti bahwa kita selalu menarik kedalam hidup kita apapun yang paling kita pikirkan, yang paling kuat kita yakini, yang kita harapkan di tingkat paling dalam, dan atau yang paling gamblang kita bayangkan.

Bila kita bersikap negatif dan penuh kekhawatiran, ragu dan gelisah, seringkali kita akan menarik pengalaman, situasi atau orang yang ingin kita hindari. Kalau pada dasarnya kita bersikap positif, mengharapkan dan mengimpikan suka cita, kepuasan dan kebahagiaan, kita cenderung menarik dan mewujudkan orang, situasi dan peristiwa yang sesuai dengan harapan kita yang positif. Jadi, secara sadar terus membayangkan apa yang kita inginkan dapat membantu kita mewujudkannya dalam hidup kita.

Menggunakan visualisasi kreatif

Proses perubahan tidak terjadi dalam tingkat yang asal jadi, yang hanya dengan sekedar “berpikir positif” saja. Itu melibatkan penelitian, menemukan dan merubah sikap kita yang terdalam dan paling mendasar terhadap kehidupan. Itulah sebabnya belajar menggunakan visualisasi kreatif menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan perkembangan yang penuh arti. Dalam prosesnya kita seringkali menemukan cara di mana kita telah menarik diri kita kebelakang, menghalangi kita mencapai kepuasan dan pemenuhan dalam hidup kita melalui kekhawatiran dan keyakinan bawah sadar kita. Sekali sudah jelas nampak, sikap yang menghambat ini dapat dihancurkan melalui proses visualisasi kreatif, meninggalkan ruang bagi kita untuk menemukan dan menjalani tingkat kebahagiaan, kepenuhan dan cinta yang lebih besar secara alami.

Mula-mula anda bisa berlatih visualisasi kreatif pada jam yang sama dan untuk tujuan tertentu. yang sama pula. Ketika anda sudah mulai terbiasa menggunakannya, dan mulai percaya akan hasil yang diberikannya, akan anda dapati bahwa ini merupakan bagian integral dari proses berpikir anda. Ini menjadi kesadaran yang berkesinambungan, sebuah tingkat kesadaran di mana anda menyadari bahwa anda terus menerus menjadi pencipta kehidupan anda. Itulah tujuan utama visualisasi kreatif - untuk menjadikan setiap saat dari hidup anda sebagai saat menciptakan keajaiban, di mana kita hanya secara alami memilih yang terbaik, yang paling indah, hidup yang paling memuaskan yang dapat kita bayangkan.

Latihan Visualisasi sederhana

Berikut ini adalah sebuah latihan dalam teknik dasar visualisasi kreatif:
Pertama; pikirkan sesuatu yang anda inginkan, untuk latihan ini, pilihlah sesuatu yang sederhana, yang dengan mudah dapat anda bayangkan tercapai. Mungkin suatu obyek yang ingin anda miliki, sebuah peristiwa yang anda harapkan terjadi, sebuah situasi dimana anda ingin berada di dalamnya, atau sebuah keadaan yang ingin anda tingkatkan.

Carilah posisi yang nyaman, bisa duduk ataupun berbaring, di sebuah tempat yang tenang di mana anda tidak akan terganggu. Rilekskan tubuh anda sepenuhnya, mulai dari ujung kaki bergerak naik sampai ke kulit kepala. Pikirkan tentang merilekskan setiap otot dalam tubuh anda, dan pada gilirannya, biarkan ketegangan mengalir keluar dari tubuh anda. Bernapaslah dalam-dalam dan perlahan, dengan menggunakan pernapasan perut. Perlahan-lahan hitung mundur dari 10 sampai satu, rasakan diri anda rileks semakin mendalam seiring dengan hitungan anda.

Ketika anda sudah merasa benar-benar rileks, mulailah membayangkan hal yang anda inginkan tepat seperti yang anda kehendaki, kalau itu sebuah benda, bayangkan diri anda bersama benda itu, menggunakannya, mengaguminya, menikmatinya, menunjukkannya kepada teman-teman anda, kalau itu sebuah situasi atau peristiwa, bayangkan diri anda berada di sana, dan semuanya berlangsung tepat seperti yang anda inginkan agar terjadi. Anda dapat membayangkan apa yang orang katakan, atau detil apapun yang membuat itu nampak lebih nyaman bagi anda.

Anda bisa menyediakan waktu yang relatif pendek atau beberapa menit saja untuk membayangkannya - apapun yang rasanya paling baik bagi anda, nikmatilah saja latihan ini. Semua ini bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan, mirip seorang anak yang mengkhayalkan apa yang diinginkannya pada hari ulang tahunnya.

Sekarang, pertahankan gagasan atau gambaran itu dalam akal budi anda, dalam hati ucapkan pernyataan afirmatif yang sangat positif pada diri anda sendiri (bisa diucapkan dengan keras atau cukup dalam hati saja, terserah anda), seperti misalnya;

Di sini saya mengalami akhir pekan yang menyenangkan di pegunungan, alangkah indah liburan ini.

atau;
Saya sangat menyukai pemandangan dari apartemen baru saya yang luas.

atau;
Saya belajar mencintai dan menerima diri saya apa adanya.

Pernyataan positif ini, disebut afirmasi atau penegasan, merupakan bagian yang sangat penting dari visualisasi kreatif.
Kalau anda mau, anda bisa mengakhiri visualisasi anda dengan sebuah pernyataan yang tegas kepada diri anda sendiri:

Ini, atau sesuatu yang lebih baik, sekarang terwujud bagi saya dengan cara yang benar-benar memuaskan dan harmonis, untuk kebaikan yang tertinggi bagi semua yang berkepentingan.
Pernyataan ini memberikan ruang bagi sesuatu yang berbeda atau bahkan lebih baik dari yang sebenarnya anda bayangkan agar terjadi, dan berperan sebagai peringatan bagi anda bahwa proses ini hanya berfungsi bagi kepentingan bersama.

Bila keraguan atau pikiran yang bertentangan muncul, jangan menolaknya atau berusaha menghalanginya, karena akan cenderung memberi mereka kekuatan yang sebenarnya tidak mereka miliki. Biarkan saja mereka mengalir dalam kesadaran anda, hargailah mereka, dan kembalilah ke pernyataan dan gambaran positif anda. Lakukan proses ini hanya selama anda merasa hal itu menyenangkan dan menarik. Itu bisa berlangsung selama lima menit atau setengah jam. Ulang setiap hari atau sesering yang dapat anda lakukan.

Seperti yang anda lihat, proses dasarnya relatif sederhana. Pergunakan benar-benar secara efektif, bagaimanapun ini biasanya memerlukan beberapa latihan, pemahaman yang lebih mendalam dan penghalusan.

Sangat penting untuk rileks

Sangat penting untuk benar-benar rileks ketika anda pertama kali menggunakan visualisasi kreatif. Bila tubuh dan akal budi anda benar-benar rileks, pola gelombang otak anda benar-benar berubah dan menjadi lambat. Tingkat yang mendalam dan lebih lambat ini umumnya disebut dengan tingkat alpha (sedangkan kesadaran terjaga anda ketika sibuk yang biasa disebut tingkat beta), dan kebanyakan penelitian saat ini dilakukan dalam pengaruhnya.

Tingkat Alpha diyakini sebagai tingkat kesadaran yang sangat menyehatkan karena pengaruhnya yang menenangkan pada pikiran dan tubuhnya, dan yang menarik, ini diyakini jauh lebih efektif dibandingkan dengan tingkat beta yang lebih aktif dalam menciptakan perubahan nyata dalam apa yang disebut dengan dunia obyektif, melalui penggunaan visualisasi. Apa artinya ini bagi tujuan praktis kita? Artinya adalah bila anda belajar untuk rileks secara mendalam dan melakukan visualisasi kreatif, anda akan mampu membuat perubahan yang jauh lebih efektif dibandingkan bila anda berpikir, khawatir, membuat rencana dan mencoba memanipulasi sesuatu dan seseorang.

Bila anda mempunyai cara relaksasi anda sendiri yang sudah biasa anda lakukan untuk rileks dalam-dalam atau masuk dalam tingkat hening dan dalam keadaan meditasi, maka gunakan saja metoda anda, kalau tidak saya sarankan anda mencoba menggunakan metoda yang sudah saya jelaskan tadi.

Bernapaslah perlahan dalam-dalam, kendurkan setiap otot tubuh anda dan hitung mundur dari sepuluh sampai satu dengan lambat. Kalau anda punya kesulitan dalam mengendurkan tubuh anda, ada baiknya anda mencari instruksi dalam yoga, meditasi atau penanggulangan stress, yang sangat membantu upaya ini. Biasanya, dengan berlatih relaksasi sebentar saja sudah membuat anda menguasainya. Tentu saja, manfaat sampingan dari semua ini adalah anda akan menemukan bahwa relaksasi yang mendalam itu menyehatkan dan bermanfaat secara mental, emosional dan fisik.

Akan sangat baik bila visualisasi kreatif ini dilakukan di malam hari menjelang tidur, atau di pagi hari begitu bangun tidur, karena pada waktu itu pikiran dan tubuh kita sudah benar-benar rileks dan reseptif. Anda akan senang melakukan ini sambil berbaring di tempat tidur, tetapi kalau anda cenderung tertidur, yang terbaik adalah duduk di tepi tempat tidur atau di kursi dalam posisi yang nyaman, dengan tulang punggung tegak dan seimbang. Tulang punggung dalam posisi tegak membantu aliran energi dan membuatnya lebih mudah mencapai pola gelombang tingkat alpha.

Kalau dimungkinkan, meditasi dalam periode singkat di tengah hari akan merilekskan dan menyegarkan anda, dan menjadikan hari anda mengalir dengan lebih lancar.

Bagaimana melakukan Visualisasi

Banyak orang bertanya-tanya, apa sebenarnya yang dimaksud dengan “visualisasi”. Beberapa orang merasa khawatir karena mereka tidak benar-benar melihat gambaran mental ketika mereka memejamkan mata dan mencoba melakukan visualisasi. Ketika mereka pertama kali mencoba melakukan visualisasi, mereka merasa “tidak terjadi apa-apa”. Biasanya, mereka menghambat diri mereka sendiri dengan mencobanya terlalu keras, mungkin mereka mengira itu adalah cara yang benar, dan merasa bahwa pengalaman mereka belum mencukupi. Kalau hal itu yang anda rasakan, anda perlu menghentikan rasa khawatir anda, rileks dan terima saja apa yang terjadi secara alami.

Jangan terpaku pada istilah “visualisasi”. Tidak terlalu diperlukan melihat sebuah gambaran secara mental. Beberapa orang menyatakan bahwa mereka dapat melihat gambaran dengan jelas dan tajam ketika mereka memejamkan mata dan membayangkan sesuatu, yang lain tidak benar-benar “melihat sesuatu”, mereka merasakannya, atau mereka sekedar dari kelompok “yang memikirkannya”. Itu semua sangat baik, beberapa orang lebih cenderung visual, yang lain audio, orang lain lagi lebih kinestetik. Kita semua secara terus menerus menggunakan imajinasi; tidak mungkin tidak, jadi proses apapun yang anda lakukan ketika anda membayangkan, itu baik..

----------

0 comments:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template