Tuesday, October 7, 2008

Tidak Untuk Bahasa Indonesia?


Adsense tidak tersedia untuk blog berbahasa Indonesia?


oleh: Frieda

Bagi orang India, Singapura, Malaysia, Filipina, bahasa Inggris bukan merupakan kendala, karena selain bahasa setempat, bahasa Inggris merupakan bahasa resmi serta bahasa pengantar dalam pergaulan sehari-hari. Tetapi berbeda dengan orang Indonesia, kebanyakan dari kita kurang menguasai bahasa Inggris, karena kita kebanyakan hanya mempelajari bahasa inggris di kelas, itupun dengan jam pelajaran yang terbatas, sehingga kita kurang menguasai bahasa itu.

Di sisi lain, Adsense hanya memasang iklan di blog berbahasa Inggris, memang ada Adsense berbahasa Indonesia, tetapi dalam situs berbahasa Indonesia, Adsense hanya menyediakan perangkat iklan mesin pencari khusus, iklan-iklan lain tidak tersedia.

Hal itu membuat kita kesulitan ketika hendak memasang Adsense dalam blog kita yang berbahasa Indonesia. Adakah cara menyiasatinya? Tentu saja, tetapi paling tidak kita harus tahu juga bahasa Inggris, sedikit saja, secara pasif.

Mula-mula tulis 8-10 artikel yang cukup bermutu, tentang hal yang paling Anda kuasai, dalam bahasa Indonesia. Tidak perlu terlalu panjang. Minta seorang teman atau kerabat yang menguasai bahasa Inggris untuk menterjemahkannya (ini modal awal Anda), judulnya yang menarik, setelah itu posting artikel-artikel itu dalam blog baru Anda, kalau ada sertakan foto-foto yang menarik, jangan lupa buat blog header Anda dalam bahasa Inggris, lalu mendaftarlah ke Adsense sebagai blog berbahasa Inggris. Tunggu satu dua hari untuk persetujuan Adsense.

Kemudian kalau mau Anda bisa mengambil artikel-artikel yang disediakan oleh ratusan “articlebank”, tinggal mengcopy-paste artikel berbahasa Inggris tersebut, dengan syarat cantumkan sumber, nama penulis dan ‘about the author’-nya, hanya ini persyaratan agar Anda bisa memasukkan artikel itu dalam blog Anda. Untuk lebih menjamin mutu tulisan, pilihlah penulis kelas gold atau platinum.

Mengapa Anda perlu mempunyai sedikit kemampuan berbahasa Inggris? Itu dibutuhkan untuk memilah ribuan artikel yang tersedia, walau sudah dipilah berdasarkan kategori, banyak dari artikel-artikel itu hampir sama isinya, jangan sampai Anda memposting artikel yang mirip beberapa kali!

Yang menarik adalah, sekali blog Anda disetujui Adsense, untuk selanjutnya Adsense bisa dimasukkan dalam blog-blog lain yang Anda buat kemudian, apapun bahasanya! Selama bog itu dibuat dengan blogspot/blogger. Selamat berkreasi.

Bank Artikel berikut cukup lengkap: http://www.articlesbase.com/
atau Anda bisa membuka blog: http://astaqauliyah.com/, blog pribadi ini menyediakan daftar seratus lebih situs penyedia artikel.

----------

0 comments:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template